Konsultan Digital Marketing

Konsultan Digital Marketing | Sebuah illustrasi dari seorang teman yang merupakan pelaku usaha bisnis online. Teman saya ini katakanlah namanya "Budi" merupakan pegiat bisnis online dengan menjual produk-produk kecantikan secara online dengan memanfaatkan internet. Diawal usahanya dia hanya menggunakan facebook dan mengirim produknya dengan menggunakan kurir, terkadang untuk pembeli yang masih satu kota dia melayani COD atau antar langsung ketempat pembeli.

Setelah berkembang dan pelanggannya mulai banyak, Budi mulai memiliki pesaing yang meniru cara berjualannya dengan mengambil barang dari distributor yang berbeda dan menjualnya dengan harga yang sedikit lebih murah. Beberapa waktu kemudian Budi mulai resah dan gundah karena kegiatan usahanya mulai turun dan pesaingnya malah semakin berkembang.

Konsultan Digital Marketing
Konsultan Digital Marketing - Picture from pixabay

Beranjak dari kondisi ini, Budi kemudian mencoba mencari tahu apa yang membuat bisnisnya menurun dan apa yang membuat pesaingnya bisa berkembang lebih baik. Dari hasil investigasinya diketahui bahwa pesaingnya ini sering mengikuti workshop dan atau seminar internet marketing dan juga mengikuti kelas pembelajaran Digital Marketing. Ilmu yang didapatkannya tersebut kemudian diimplementasikan dalam kegiatan usahanya, sehingga tidak heran jika Budi tertinggal jauh dan terdepak dalam kompetisi bisnis.

Seorang Pesaing Budi, Katakanlah Namanya Iwan, memanfaatkan tiga pilar utama Digital marketing dalam mengelola kegiatan usahanya. Karena keterbatasna waktu, Iwan akhirnya menyewa Jasa Konsultan Digital Marketing untuk membantunya melakukan optimasi promosi dalam Digital Marketing Campaign miliknya.

Konsultan Digital Marketing yang disewa oleh Iwan melakukan beberapa riset dalam mengerjakan tugasnya, mulai dari frase kata kunci yang sering dicari oleh calon konsumen sampai ke targeting calon konsumen. Dengan SEO (Search Engine Optimization), si Konsultan Digital Marketing melakukan riset kata kunci dan mengoptimasinya sehingga website bisnis milik Iwan bisa bertengger di halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang ditargetkan.



Kemudian Si konsultan Digital Marketing mengoptimasi juga kata kunci tadi dengan menggunakan SEM (Search Engine Marketing) dengan memanfaatkan Google Adwords dan terakhir dia menggunakan SMM (Social Media Marketing) dengan cara memanfaatkan Facebook Ads, Instagram ads dan twitter ads.

Digital Marketing Campaign ini berhasil meningkatkan conversioan rate bisnis milik Iwan dan memberikan Branding yang cukup bagus, karena setiap orang yang melihat iklan dan mencoba mencari tahu di Google bisa mendapatkan profil bisnisnya dengan mudah, hal ini meningkatkan kepercayaan calon konsumen baru untuk bertransaksi.

Nah bagaimana? apakah anda masih dalam posisi BUDI? atau sudah mencaoba menjadi IWAN?

Regards,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

OKR Coaching - Menggali Keberhasilan Melalui OKR

Workshop SEO Basic Untuk Pemula

Kursus SEO untuk pemula